Membangun Daftar Langganan Anda

Mari kita pertanyakan hal ini: "Kepada siapa Anda bisa terus-menerus menjual produk atau layanan Anda?" Jawabannya adalah daftar langganan Anda, sumber yang tak terbatas untuk memasarkan produk Anda. Anda dapat menguji produk Anda, menjalankan survei, melakukan apa pun yang mungkin menarik minat langganan Anda. Bahkan, Anda tidak perlu menghabiskan uang iklan apa pun, daftar Anda akan melakukan pekerjaan itu.

Membangun Daftar Langganan Anda.


Membangun Daftar Langganan Anda.

Tapi apa yang harus Anda lakukan jika Anda tidak memiliki daftar langganan Anda sendiri? Nah, maka Anda harus membangun satu (tentu saja, ada ribuan pemilik daftar yang akan senang menawarkan produk Anda ke daftar mereka dengan bayaran, tetapi lebih baik untuk membangun yang Anda miliki). Dan itulah yang akan Anda pelajari dalam artikel ini.


Bangun daftar langganan Anda.


1. Di mana Anda harus memulai?

Segera setelah Anda memiliki situs web Anda berjalan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menempatkan formulir langganan di tempat-tempat yang paling terlihat di situs Anda. Tujuan Anda adalah untuk mengumpulkan email. Tarik pengunjung Anda untuk berlangganan newsletter Anda dengan menawarkan informasi gratis seperti artikel yang membantu, laporan, atau buku gratis. Atau Anda dapat menawarkan diskon pada produk Anda jika mereka mendaftar untuk newsletter Anda. Idealnya, jika Anda memiliki daftar 10.000 email, maka Anda seharusnya cukup seimbang.


2. Email Opt-in

Salah satu faktor pemasaran email yang berhasil adalah menggunakan metode opt-in. Dengan kata lain, pesan Anda harus memiliki tautan 'berhenti berlangganan' di bagian bawah halaman, sehingga langganan Anda dapat berhenti menerima pesan Anda kapan pun mereka mau dengan sekali klik. Jika tidak, Anda akan dilaporkan sebagai spam.


3. Double opt-in untuk keamanan

Anda dapat meningkatkan daftar langganan yang ditargetkan, menggunakan metode pendaftaran double opt-in. Artinya, jika seseorang berlangganan newsletter Anda, email dikirim ke alamat mereka. Mereka harus menjawab email tersebut untuk dimasukkan dalam daftar. Itu berarti mereka tertarik untuk menerima newsletter Anda. Dan itu adalah alamat email mereka. Ini adalah cara paling aman untuk meningkatkan basis langganan yang ditargetkan Anda.


4. Menghubungi langganan Anda

Setelah Anda mengumpulkan beberapa email, Anda harus memutuskan seberapa sering Anda akan menyiarakan pesan Anda. Dua minggu sekali atau bulanan adalah interval yang cukup baik. Ini memberi Anda cukup waktu untuk menciptakan sesuatu yang dapat menarik minat pembaca Anda.


Anda dapat mengirimkan newsletter Anda setiap minggu atau setiap 5 hari. Tapi itu membutuhkan banyak komitmen untuk menulisnya dengan konten yang menarik dan memenuhi tenggat waktu. Selain itu, mereka mungkin sudah menerima newsletter dari pemasar lain. Jadi, mereka mungkin tidak memiliki waktu cukup untuk membaca semua pesan Anda. Namun jangan melebihi basis bulanan. Langganan Anda harus mendapatkan pengingat konstan bahwa Anda masih ada dan tidak membingungkan email Anda dengan spam.


5. Pesan yang Dipersonalisasi

Jika pesan Anda dimulai dengan 'Hai Steve' atau 'Hai Susan', itu akan memperhangat langganan Anda. Dan mereka akan lebih responsif terhadap informasi yang akan Anda bagikan dengan mereka. Ini juga menambah kredibilitas Anda dan membantu meningkatkan tingkat respons Anda.


Tip tambahan:

Salah satu kesalahan dalam pemasaran email adalah menggunakan fitur 'email catch all'. Gunakan hanya alamat email yang orang masukkan untuk menerima newsletter atau ezine Anda. Lupakan hal-hal 'email catch all' yang disertakan dalam paket hosting Anda. Karena jika orang tidak berlangganan untuk menerima informasi dari Anda, mereka tidak akan membaca email Anda. Dan Anda tidak ingin dituduh melakukan spam, yang dapat merusak reputasi Anda.


Jangan terlalu gigih dalam mempromosikan produk Anda. Lebih baik jelaskan manfaat yang akan diperoleh langganan Anda dengan ramah. Terkadang, Anda mendapatkan email yang mendesak Anda untuk membeli barang mereka, hampir menuntut mengapa Anda belum melakukannya. Jadi berhati-hatilah, hal itu bisa merusak kredibilitas Anda.


Nah, sekarang Anda tahu bagaimana membangun daftar langganan Anda sendiri. Ikuti saran ini dan kesuksesan Anda sebagai pemasar email dijamin. Ingat, Anda tidak harus mendapatkan jutaan pelanggan berlangganan newsletter Anda, Anda hanya membutuhkan 10.000 dan Anda siap untuk hidup. Satu-satunya hal yang tersisa hanyalah Anda harus melakukannya.


Semoga Sukses!